Kantor

Carol dan Semangat Kerja

Sebut saja dia, Carol. Tingginya tidak terlalu semampai, kulitnya juga tidak begitu putih. Akan tetapi, senyum simpul yang tertoreh pada wajah manis terbingkai kacamata bulat, selalu membuat saya berpaling.

Memang Carol berasal dari divisi lain, sehingga interaksi dengan dirinya bisa dibilang minimal. Namun kehadirannya selalu bisa dirasakan, dari sekedar berpapasan di lift, membuat kopi di pantry, sampai mengantri makanan ketika ada potluck kantor.

Itulah waktu-waktu di mana saya sebisa mungkin terlihat rapi meski sehabis maraton meeting. Saat-saat di mana permen mint harus siap di kantong, barangkali ada kesempatan berbasa-basi. Atau bila tak seterbuka itu, setidaknya mata saya sudah siap mengaguminya.

Tidak. Saya tak bermaksud untuk mendekatinya, apalagi sampai memacarinya. Kekaguman itu juga bukan hendak menempatkan dia sebagai objek pemanis belaka. Kehadiran Carol benar-benar murni berdiam dalam pikiran saya saja. Tak pernah terungkap ke orang lain. Kecuali, mungkin Anda yang sedang membaca tulisan ini, dan kalau kenal, jangan bilang-bilang…

Tidak semua orang membutuhkan adanya Carol. Namun ketika rutinitas terasa begitu-begitu saja, kita butuh dorongan untuk bangun di Senin pagi. Mempertahankan produktivitas adalah masalah semua orang. Sesederhana apapun caranya, semua punya kemungkinan untuk memberi hasil yang nyata. Buat saya, itu Carol. buat Anda mungkin nama lain.

Ngomong-ngomong, jangan pikir yang aneh-aneh ya. Saya selalu tempatkan diri di koridor profesional, saya menghargai pribadinya setinggi mungkin. Saya sadar betul bahwa Carol adalah sosok motivasi, bukan objek fantasi.

Sudah lama saya tak bertemu Carol. Kalau ada kesempatan berjumpa sekali lagi, saya bakal berterimakasih atas sosoknya yang berperan besar kepada karir saya sekarang. Meski ucapan itu pastinya akan tertutur dalam hati saja.

Thank you, Carol.

Foto: Andrew Neel (Unsplash)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s