Bisnis

Organisasi Yang Sehat

Beberapa tahun terakhir ini, kata “organik” ngetop banget muncul dimana-mana, dari makanan organik, pangkalan ojek organik (betulan ada di Jakarta Selatan), sampai yang lumayan ajaib ketika istilah organik ini sampai dipakai dalam perusahaan. Kalimat-kalimat seperti “perusahaan ini bertumbuh secara organik”, “ide ini muncul organik banget, gak kita dipaksakan”, atau “sistemnya harus organik bro, kalau gak bakal susah gerak” sering kita dengar sekarang.

Ketepatan bahasanya bisa diperdebatkan, tapi kita nangkep poinnya. Karena zaman sekarang informasi dan transaksi bergerak sangat cepat, organisasi pun harus mampu bergerak lincah untuk mengantisipasi perubahan. Sejarah juga jadi pelajaran bagi organisasi untuk tidak menjadi terlalu kaku dan terpaku pada SOP, karena teamwork yang dinamis terbukti membuat organisasi menjadi lebih produktif.

Organisasi sudah seperti sebuah organisme. Dia hidup ternyata.

Berarti untuk membangun organisasi yang sehat, kita bisa belajar dari analogi tubuh kita sendiri. Bila Anda memiliki atau mengelola sebuah organisasi, berikut 3 hal fundamental alias sangat penting yang harus diperhatikan, persis seperti menjaga kesehatan tubuh manusia.

Cukup asupan makan dan minum

Poin ini pastinya berbicara tentang keuangan yang harus mengalir dengan baik, namun sudah banyak artikel maupun buku bagus yang mendetail soal ini. Makanan yang tidak kalah pentingnya bagi organisasi adalah asupan nilai dan culture. Organisasi yang sehat dijalankan oleh manusia-manusia yang tahu persis visi dan menjadi pelaku dari nilai-nilai luhur yang ditetapkan organisasi. Hasilnya beda banget dengan orang-orang yang cuma kerja rutinitas tunggu gaji tiap bulan.

Pastikan tim Anda paham betul kemana arah organisasi dan terus berikan sarana yang membantu mereka mengingat dan mempraktekkan nilai organisasi Anda. Menuliskannya besar-besar di lobi atau koridor kantor adalah cara yang cukup baik, tapi akan lebih menyerap bila dibuatkan pelatihan dan sosialisasi on ground.

Olah raga

Kalau manusia berolah raga dengan menggerakkan tubuh, organisasi berolah raga dengan menggerakkan tim-tim yang ada di dalamnya untuk melakukan networking, mengikuti seminar, kompetisi, atau mengerjakan proyek idealis. Menggerakkan organisasi juga bisa distimulasi dengan target & reward yang tinggi agar para pekerja lebih giat dan bersemangat berkreasi.

Kenapa hal-hal ini menyehatkan? Karena persis seperti tubuh kita yang akan menimbun kolesterol bila tidak bergerak, organisasi pun akan menimbun rasa bosan dan menjadi kuno bila hanya diam begitu-begitu saja. Kalau dengan bergerak tubuh bisa sehat karena mengeluarkan keringat, organisasi bisa sehat karena mengeluarkan racun-racun seperti gosip dan kemalasan. Organisasi yang sehat adalah organisasi yang terus bergerak.

Udara yang bersih

Ini berbicara soal suasana organisasi Anda, bagaimana orang-orang berinteraksi di dalamnya. Hal paling umum yang membuat suasana tidak sehat adalah apa yang tim Andal namakan ‘senioritas kekanakan’. Apa itu? Senior yang bukan membimbing dan mengajar, malah menekan karena merasa lebih penting (padahal berprestasi juga enggak). Jadi mereka pakai alasan “gue kan lebih senior dari lu”, cuma untuk mem-bully, persis anak-anak. Hal lain yang tak kalah merusak adalah politik kantor yang membuat orang harus saling sikut, berkhitanat, sampai jual diri (ada lho) demi jabatan.

Kedua penyakit ini tidak mudah disembuhkan, namun ada 2 cara untuk meminimalisirnya:

  1. transparansi, dalam hal apapun. Karena dengan ini semua orang dan semua kegiatan akan terekspos. Senior tukang bully tidak akan banyak ruang gerak bila tempat duduknya bisa dilihat langsung oleh manager. Politik kotor di kantor dapat dideteksi karena semua dokumen, komunikasi, file dapat diakses semua orang.
  2. Hukuman nyata. Mungkin aksi bully dan politik kotor bisa berjalan terus karena dibiarkan oleh pemimpin. Dengan menerbitkan aturan, sistem pelaporan, dan di follow up dengan eksekusi hukuman yang tegas, organisasi menunjukkan bahwa tidak ada tempat untuk yang curang-curang. Kerja aja no drama please dech!

Saat Anda sedang makan siang atau sedang futsal dengan teman-teman kantor, ingatlah untuk menjaga kesehatan organisasi Anda juga. Niscaya perusahaan anda bertumbuh baik dan bugar bak Christiano Ronaldo, atau Messi, atau LeBron James, atau siapa aja terserah Anda deh, yang penting sehat!

 

Foto: picjumbo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s