Pengembangan Diri

Menang Karena Beda

Pengakuan dan perhargaan yang positif adalah hal yang sangat diingini oleh setiap orang. Siapa pun dia, berapapun usianya, dan apapun pangkatnya pasti menginginkan sebuah penghargaan. Tetapi kita sering tidak menyadari bahwa kita cenderung mengikuti sebuah pola pikir yang terkesan populer, demi dihargai oleh orang banyak.

Tidak sedikit dari kita yang menekuni sesuatu yang belum tentu kita senangi, dan itu semua kita lakukan demi sebuah penghargaan. Salah satu contoh yang paling umum adalah mengenai pemilihan jurusan kuliah. Banyak sekali mahasiswa-mahasiswi yang merasa dirinya salah jurusan, karena faktor keluarga, paradigma jurusan populer, dan sebagainya. Mahasiswa yang salah jurusan tentu tidak bisa belajar dengan maksimal. Demikian juga di dunia kerja, banyak orang yang bekerja bukan menurut kesenangannya melainkan karena popularitas bidang pekerjaannya, sehingga mereka harus bekerja lebih keras dan belum tentu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Perubahan yang tidak menentu di dunia ini, ditambah dengan semakin pesatnya perkembangan dunia digital, membuat kita harus meninggalkan paradigma yang lama. Jadi mediocre atau biasa-biasa saja adalah hal yang sangat merugikan di zaman ini. Karena informasi yang tak terbatas, orang jadi mudah belajar dan bebas menggali kemampuan sehingga skill semakin lama semakin spesifik sehingga kemampuan yang rata-rata pasti akan kalah bersaing. Untuk menang, we must be different. Dengan berbeda berarti kita menjadi unik, dan hal unik selalu menarik perhatian lebih, so it’s okay to be different. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi persiapan kita untuk sukses dengan menjadi berbeda dari yang lain.

Passion

Yang pertama adalah mengenai sebuah passion atau hal yang kita sukai. Kita harus bisa mengetahui hal-hal yang membuat kita bersemangat ketika melakukannya. Ini adalah hal mendasar yang harus kita cari tahu. Sebuah passion tidak harus sama dengan orang lain, berbeda justru lebih baik selama tidak mengandung unsur negatif.

Komitmen

Yang kedua adalah mengenai sebuah komitmen. Kita harus berani mengambil sebuah keputusan terhadap passion yang kita punya. Apakah kita ingin menekuninya? Atau kita hanya melakukannya sebagai kegiatan sampingan dan menekuni hal lain yang dianggap populer yang belum tentu kita sukai. Jika kita ingin menekuninya, kita harus berkomitmen untuk melakukannya hingga akhir hidup kita.

Daya saing

Yang terakhir adalah mengenai daya saing. Kehidupan tentu tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Seberapa besar mimpi kita, belum tentu sama dengan realita yang ada di depan mata. Tetapi  jika kita bersaing dan berjuang berdasarkan apa yang kita sukai, kita siap menghadapi realita kehidupan. Persaingan tentu akan semakin sulit, tetapi dengan bermodalkan ketekukan dan passion, kita akan menjadi seorang pemenang.

Banyak orang mungkin  tidak mengakui akan hal yang kita sukai dan tekuni. Tetapi dengan menekuni hal yang kita sukai dan mencoba untuk keluar dari pola pikir yang umum, itu justru membuat kita terlihat lebih baik dibanding orang lain.  Oleh karena itu, tekuni apa yang kita sukai dan tidak masalah untuk menjadi berbeda demi meraih kemenangan.

 

Foto: Miguel Á. Padriñán (Pexels)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s