Kantor Pengembangan Diri

Kepribadian Yang Dicari Bos

Seperti yang kita ketahui, Jepang terkenal dengan etos kerja yang luar biasa tinggi. Bahkan terlalu tinggi sehingga umumnya hanya orang Jepang yang qualified masuk management level di perusahaan lokal Jepang.

Kisah nyata ini menunjukkan betapa besarnya dampak sebuah perhatian kecil.

Ada seorang teman yang bercerita, beberapa waktu lalu dia pergi ke Jepang dan bertemu dengan kenalan sesama orang Indonesia yang kerja di perusahaan Jepang, setelah beberapa lama bercerita, orang ini bilang bahwa dia adalah salah satu managemet level di perusahaan lokal Jepang, bahkan satu-satunya orang non-Jepang di posisi tersebut.

“Kok bisa?! Kenapa kamu?” tanya si kenalan yang dari Indonesia.

Orang ini bilang diapun menanyakan hal yang sama kepada bosnya yang orang Jepang itu, karena dia sendiri juga bingung kenapa dia, padahal non-Jepang. Yang lebih pintar dari dia juga ada.

Lalu bosnya menjelaskan, dan kagetnya orang ini karena alasannya amat sangat sederhana.

“Di perusahaan ini, saya pulang paling malam. Kamu juga salah satu yang pulang paling malam. Saya selalu perhatikan, setiap malam saat kamu pulang, kamu matikan semua lampu yang tidak terpakai, dan kamu matikan semua komputer yang lupa dimatikan. Untuk apa saya pilih orang lain kalau ada kamu yang sudah nyata peduli pada perusahaan ini.”

Di satu sisi, perhatian yang mendalam membuat orang Indonesia ini naik pangkat. Di sisi lain, perhatian yang mendalam juga berbuah baik bagi si bos. Dengan memperhatikan yang terjadi di sekitarnya, bos ini berhasil mendapatkan “keuntungan” bagi perusahaannya, dia dapatkan orang yang sungguh-sungguh memperhatikan perusahaannya, dan orang yang perhatian adalah orang yang tepat untuk memimpin.

Skill dan kepandaian cerebral sangat penting untuk peningkatan karir, tapi dalam kisah ini, personality menang banyak.

 

Foto: Kermy (Pixabay)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s