Bisnis Pengembangan Diri

Potensi Tersembunyi Yang Ada di Depan Mata

Dalam bisnis, salah satu kisah legendaris mengenai pengembangan potensi adalah kisah Fujifilm yang membuat produk kosmetik unggulannya, Astalift. Tim Andal pertama kali menemukan kisah ini dalam majalah Monocle tahun 2013 silam. Beberapa hari lalu, kisah ini muncul lagi saat tim Andal mendapat Whatsapp blast mengenai inovasi bisnis yang sempat sepintas membahas Astalift.

Meskipun ini adalah produk kecantikan, Tim Andal sepakat untuk merangkum singkat kisah sukses ini, dengan harapan dapat menginspirasi Anda untuk dapat menemukan potensi tersembunyi dari diri maupun perusahaan Anda, tidak perlu mencari terlalu jauh.

Begini ceritanya…

Transisi yang begitu ekstrim dan terlalu cepat dari fotografi analog ke digital sejak tahun 2000-an menghantam industri kamera dan film, memakan banyak korban termasuk brand besar Kodak. Fujifilm pun tak luput dari musibah ini. Petinggi Fujifilm sadar mereka harus mencari business directions baru.

Fujifilm mulai melihat kedalam, teknologi apa yang mereka sudah miliki yang bisa digunakan dalam bidang lain. Beberapa perusahaan teknologi dan kimia diakuisisi Fujifilm, dan dibentuklah pusat research and development baru dengan riset-riset yang sangat maju di kota Kaisei. Di sinilah para ilmuan Fujifilm baru menyadari bahwa pengetahuan dan teknologi yang Fujifilm sangat kuasai dalam pembuatan film dapat digunakan untuk perawatan kulit.

Ternyata, sensitifitas kulit dan film cenderung sama dan butuh penanganan yang ekstra hati-hati. Tanpa Fujifilm sadari, teknologi yang dibutuhkan oleh perusahaan kosmetik sudah dimiliki dan dikuasai oleh Fujifilm sejak lama, seperti nano technology, collagen technology, anti oxidation technology, dan control technology. Laboratorium Fujifilm juga telah menyimpan ratusan ribu komponen kimia yang mempermudah proses riset. Studi bertahun-tahun tim riset Fujifilm terhadap daya serap cahaya telah menguntungkan Fujifilm untuk masuk ke dalam bisnis perawatan kulit, yang secara intens mempelajari daya serap cahaya.

Kini Astalift telah berekspansi dari produk eksperimen menjadi brand premium terkemuka di dunia perawatan kulit. Astalift berhasil menyambung nyawa Fujifilm, sebuah potensi besar yang berdiri persis di depan mata, hanya kadang terlalu dekat hingga luput dari perhatian. Ilmuan mengatakan bahwa manusia lebih kompleks dan lebih misterius dari jagat raya, sehingga wajar saja untuk percaya bahwa potensi terbesar kita terdapat di dalam diri kita sendiri.

Cobalah lihat kedalam diri Anda apakah ada bidang lain yang membutuhkan keahlian Anda, tanpa Anda harus menciptakan hal baru dari nol. Apakah itu hobi yang belum diasah serius, atau pekerjaan-pekerjaan sampingan yang sangat Anda kuasai namun hanya Anda kerjakan sambil lalu. Cobalah buat eksperimen dengan kemampuan “sekunder” Anda, siapa tahu disitulah kesuksesan besar menunggu.

 

Foto: Kohei Take (Monocle)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s