Kantor Pengembangan Diri

Maaf Pak, Ini Bukan Job Desk Saya

Kalimat ini terdengar profesional, karena orang yang mengutarakannya pasti paham batas kerjanya, gajinya, dan mungkin juga dia mempraktekkan prinsip bekerja efektif, fokus pada kemampuan terbaiknya tanpa perlu menghabiskan waktu mengerjakan sesuatu yang tidak dia kuasai. Bagi entrepreneur atau level manajemen atas, kalimat ini diucapkan untuk menjaga energi agar tidak terjebak dalam operasional yang membatasi visi.

Di sisi lain, ada beberapa pegawai yang rela melakukan pekerjaan-pekerjaan yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, yang bahkan di luar kemampuan pokok mereka. Seorang akuntan yang diminta mengedit Photoshop, atau seorang programmer yang harus membuat acara promosi. Rekan-rekan dalam divisi lumayan prihatin dengan tekanan mental dan waktu yang dihabiskan orang-orang ini.

Banyak yang berpendapat apa yang mereka lakukan adalah sebuah kebodohan, apalagi bagi yang memegang teguh prinsip “you get what you pay for”. Untuk beberapa orang, mereka percaya dengan fokus menjadi yang terbaik di bidangnya mampu membawa mereka ke posisi yang lebih tinggi. Beberapa hanya bisa menyalahkan pemimpin yang dianggap aji mumpung.

Namun sering terjadi, orang-orang yang bekerja ekstra ini justru lebih cepat dipromosi. Mengapa? Satu poin yang unggul dari orang-orang seperti ini adalah mereka setia dan bisa dipercaya. Mereka juga bisa diandalkan karena mereka berusaha menyelesaikan tugas walaupun diluar kemampuan, tanpa banyak komplain terhadap atasan. Faktor lain adalah soal pengetahuan. Biasanya perusahaan lebih memilih orang yang memiliki wawasan global atau makro, dimana ahli khusus justru akan bekerja dibawah pengawasan mereka.

Dibalik kesulitan, orang-orang ini sebenarnya mendapat keuntungan jangka panjang karena ilmu dan pengetahuan mereka secara otomatis akan berkembang. Dalam kesesakan mereka menyelesaikan tugas ekstra ini, mereka sedang membangun pribadi yang lebih hebat di masa depan.

Pengalaman mengerjakan acara promosi akan membantu seorang programmer saat dia menjadi pemimpin yang harus bertanggung jawab atas revenue perusahaan. Desainer grafis yang diminta merangkum catatan penjualan akan menjadi lebih paham membuat desain yang tepat, karena dia melihat langsung data produk mana yang berhasil dan yang kurang berhasil. Bila seperti ini, apa yang tadinya dianggap kebodohan dapat berubah menjadi daya saing.

Semua tergantung pada perspektif dan motivasi.

Bagi yang bercita-cita menjadi pemimpin perusahaan atau membuka bisnis sendiri, mengerjakan hal lain yang bahkan diluar kompetensi akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang kompleks. Karena ada background ilmu lain, cara pandang menjadi lebih luas, tidak sempit. Orang seperti ini mampu melihat yang tidak terlihat, dan biasanya sering memiliki solusi yang tidak terpikirkan, karena pengalamannya yang lebih banyak dan beragam dibanding orang yang ‘hanya’ ahli dalam satu bidang.

Fokus pada satu bidang adalah hal yang baik. Tapi diluar konteks tersebut, pesan moral dari tulisan ini adalah, belum tentu menolak pekerjaan dari bos adalah hal yang baik. Siapa tahu, ada kebaikan yang jauh lebih besar di depan sana, namun hanya bisa dibuka dengan pengalaman dari pekerjaan ekstra yang diminta bos Anda.

 

Foto: Matt Briney (StockSnap)

One comment

  1. Tulisan singkat, namun bernilai tambah. Memberikan komparasi pemikiran adalah kelebihan tulisan singkat ini. Memiliki pengetahuan/ketrampilan/kemampuan khusus merupakan sebuah “nilai lebih” yg dimiliki oleh seseorang dalam pekerjaan/bisnis, tetapi bila dikembangkan dengan memiliki pengetahuan/ketrampilan/kemampuan dibidang lain, maka orang tersebut bukan hanya ber “nilai lebih” tetapi menjadi punya “kelebihan”. Atau dalam joke bisa dikatakan Anda bukan sekedar “the best”, melainkan “best of the best”. Hope you will be there…. 🙏

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s