Bisnis

Untung Besar Tanpa Memaksa Konsumen

Push notification sucks. Sms dari perusahaan yang tawarin produknya juga sucks. Tapi ada 1 perusahaan yang justru dapat 90% sales dari push notification.

Hopper adalah aplikasi booking tiket pesawat asal Boston yang terkenal (dan meraup untung) dengan feature ‘watch’ dimana algoritma Hopper akan memantau dan memberi update harga tiket terbaik yang dikirim lewat push notification langsung di home screen smart phone.

Apa yang membuat users justru senang bahkan membeli dari push notification, sementara banyak aplikasi yang push notification-nya malah dimatikan?

Info yang Hopper berikan dalam push notification-nya bukan selalu berisi bujukan membeli. 60% dari isinya justru menyarankan user untuk “jangan beli sekarang” karena tiket bisa lebih murah nanti, dan ketika tiket berada pada harga terbaik, baru push notification akan memberi info bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk membeli tiket tersebut, dan hampir semua push notification dari Hopper berlanjut menjadi sales.

Ternyata berbuat baik dengan menolong orang bukan cuma keuntungan dunia akhirat. Banyak orang berpikir untuk berhasil jualan yang banyak harus mencekoki konsumen dengan “Beli! Beli! Beli!”, tapi konsumen sudah lebih pintar, dan jangan lupa zaman sekarang ini konsumen bisa bebas memilih, jadi mereka akan memilih perusahaan yang baik alias memperlakukan mereka sebagai manusia.

Joe Girard dinobatkan Guiness Book of World Records sebagai ‘the world’s best salesman’. Dalam bukunya yang berjudul 13 Essential Rules of Selling, beliau berbagi trik berjualannya. Sangat mengejutkan bahwa salesman terbaik dunia tidak memaksa konsumen untuk membeli! Joe Girard justru menyarankan konsumen untuk berpikir dulu di rumah. Yang beliau lakukan adalah mengizinkan konsumen membawa pulang produknya untuk dicoba.

Kombinasi dari kualitas yang dimiliki produk dan kenyamanan yang disediakan penjual menjadi resep yang lebih ampuh daripada jurus memaksa. Para penjual perlu membedakan antara keuletan dengan pemaksaan. Pantang menyerah adalah semangat yang baik, namun bisa berbalik menjadi kejahatan apabila semangat tersebut sampai menyerang hak orang lain.

Bagian terbaik dari menerapkan prinsip menolong ini adalah, konsumen akan kembali bahkan merekomendasikan produk Anda. Kenapa? Karena mereka menikmati proses jual-beli yang berlangsung. Anda menghormati mereka, mengerti mereka, bahkan seperti menjadi sahabat yang memberi tahu mana yang baik dan mana yang kurang baik. Tidak heran Joe Girard berhasil menjual 1425 unit mobil hanya dalam satu tahun.

Pertanyaannya, apakah Anda punya nyali untuk bilang “jangan beli sekarang”?

 

Foto: Alfapp (Pixabay)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s