Kantor

Susahnya Melepas, Sulitnya Menerima.

“Gue udah ngasih surat tadi”

Deg. Pasti kebanyakan dari kita akan merasa begitu, saat mendengar rekan kerja berkata begitu. Ya setidaknya kalau si teman tidak woro-woro dari awal atau kita tidak bisa menangkap gerak-gerik ‘mencurigakan’ seperti menerima telpon diam-diam.

Bayangkan saja, hubungan sinergis yang sudah terjalin (N.B: Kalau memang Anda berdua rukun ya) harus diakhiri begitu saja. Tak hanya dalam hal profesional, kita juga akan kehilangan teman makan siang atau yang bisa diajak beli kopi bareng. Rasanya tidak enak, tapi itulah hidup.

Sama seperti putus dengan kekasih, kita pun harus belajar hidup tanpa kehadirannya. Awalnya mungkin sulit. Kita harus bekerja dua kali lipat, untuk mengisi kekosongan, bila penggantinya belum masuk. Namun bila sudah ada pun, tantangan itu takkan lebih mudah. Kita lagi-lagi harus beradaptasi dengan sebuah pikiran dan perilaku baru.

Apalagi bila Anda seorang supervisor. Memasukkan suara baru tanpa menganggu harmoni yang sudah mengalun merdu, tak pernah menjadi hal yang mudah. Bukan tidak mungkin malahan instrumen yang lama memilih untuk meniadakan nadanya.

Tenang. Manusia dilahirkan untuk beradaptasi. Lepaskanlah rekan yang pergi itu, dari pikiran. Beban yang kemudian muncul, harusnya bisa dikomunikasikan bersama. Saya sih yakin, di semua perusahaan, tak ada yang bekerja sendirian. Semestinya sistem bisa membantu Anda berkarya, hingga penggantinya datang.

Untuk bisa menerima orang baru dalam kehidupan kantor, mungkin Anda harus ingat kalau Small talk matters. Pertanyaan sederhana seperti dulu sekolah di mana sampai pembahasan El Classico kemarin, bisa jadi topik untuk mencairkan es. Yah asal jangan terlalu personal ya. Ingat batasannya saja. Pahami juga bahasa tubuhnya, untuk tahu senyaman apa dia. Bisa jadi, rekan baru ini akan lebih baik bekerjasama dibandingkan yang telah pergi.

Akan tetapi, bila seluruh hal di atas tidak bisa dijalani, mungkin saatnya kita mencari kesempatan lain di luar sana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s