Entrepreneurship Kantor Pengembangan Diri

Saat Fasilitas Tidak Menolong

Dengan mudahnya memperoleh informasi saat ini, kita bisa tahu banyak tentang kisah orang-orang besar dan sukses. Kalau Anda gemar dengan kisah-kisah ini, tentu Anda akan mudah menemukan benang merah dari hampir seluruh cerita epik kesuksesan mereka. Betul, mereka mulai dengan susah payah, dengan minim, tanpa fasilitas yang ideal.

Sayangnya, banyak yang percaya untuk sukses kita memerlukan fasilitas terbaik. Uang yang banyak, kantor yang lengkap, teknologi yang terbaik, dan lusinan alasan untuk tidak berani melangkah.

Meski semua itu baik dan perlu, tapi bukan fasilitas yang menentukan keberhasilan. Simon Sinek dalam salah satu TED Talk yang paling populer menceritakan sejarah yang persis membuktikan hal ini.

Dalam perjalanan menemukan kendaraan yang dapat terbang di langit alias pesawat terbang, kita langsung mengingat si Wright bersaudara, dan kita juga mungkin sudah mengetahui betapa beratnya perjuangan dan minimnya fasilitas yang mereka miliki. Ternyata, di era yang sama, negara yang sama, ada orang lain yang juga berusaha menciptakan pesawat terbang bernama Samuel Pierpont Langley. Dengan dana besar dari pemerintah, akses luas dari lokasi dan koneksinya Langley justru gagal, sementara Wright bersaudara sukses dengan seluruh keterbatasan mereka.

Untuk sukses, mental lebih penting daripada fasilitas. Apa yang Anda bangun dalam diri Anda lebih penting daripada hal lain yang ada di luar diri Anda. Fasilitas memiliki nilai depresiasi sementara mental Anda hidup di dunia yang berbeda, yang non-material sehingga keterbatasan dunia tidak berpengaruh pada mental Anda. Mental yang kuat untuk jadi orang sukses membuat Anda sanggup menerima krisis ekonomi yang terjadi. Mental yang kuat untuk jadi penjelajah alam membuat Anda sanggup bertahan dalam iklim ekstrem.

Ada satu hal yang sangat mematikan yang tidak dapat dihentikan bahkan oleh fasilitas terbaik sekalipun, yaitu bila Anda sudah berkata “menyerah”, tidak ada apapun yang dapat menyelamatkan Anda. Uang yang banyak, teknologi yang canggih tidak sanggup masuk ke dalam jiwa Anda untuk mengangkat kembali semangat juang Anda. Hanya mental yang sanggup mencapai kedalaman jiwa, memegang cita-cita Anda yang mulai tenggelam, dan mengangkatnya kembali ke permukaan.

Visi Anda mungkin terlalu berat bagi tubuh jasmani Anda, namun mental yang kuat dapat membuat Anda sanggup melakukan hal-hal yang lebih besar dari diri Anda sendiri. Inilah yang dilakukan mental terhadap orang-orang sukses selama ini.

Sebelum membangun perusahaan atau karir yang gemilang, bangunlah dulu mental yang kokoh, yang siap menyokong Anda untuk terus maju, bahkan saat Anda berada di titik terendah hidup Anda, dia bersiap turun menyelam untuk menolong saat Anda berkata “saya menyerah”.

 

Foto: Chris Brignola (Unsplash)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s